Amaryllis

Amaryllis

Meskipun amaryllis dapat dibeli pada tahap perkembangan apapun, namun bagi banyak orang, kesenangan sebenarnya adalah menumbuhkan bunga dari umbi. Amaryllis mekar sekitar 8 hingga 10 minggu setelah tanam, jadi siapkan sekarang jika kamu ingin berbunga tepat waktu untuk Natal! Umbi besar ini mudah mekar dan bahkan seorang pemula pun bisa mengharapkan kesuksesan.

Tentang Amaryllis

Seperti daffodil atau tulip, tanaman amarilis dimulai sebagai umbi sering dijual sebagai bagian dari kit yang berisi umbi, pot berat, dan beberapa media tanam (idealnya, campuran tanam yang steril dan tidak dinodai). Mereka secara alami adalah umbi yang mekar di musim semi, menghasilkan bunga di beberapa titik antara akhir musim dingin dan pertengahan musim semi (Februari hingga April di Belahan Bumi Utara). Namun, amarilis biasanya mekar lebih awal di musim dingin, pada saat liburan musim dingin.

Setelah bunga mati kembali, daun besar tanaman menyerap sinar matahari selama sisa musim semi dan musim panas, memberi mereka energi yang mereka perlukan untuk mekar lagi di musim semi berikutnya. Dengan datangnya musim gugur, daun-daun mati dan umbi menjadi tidak aktif sampai musim dingin nanti, saat proses pembungaan dimulai lagi.

Secara historis, ada beberapa kebingungan mengenai nama tanaman ini. Sebagian besar varietas amarilis yang ditanam saat ini adalah hibrida dan bukan “amarilis sejati”, mereka bukan bagian dari genus Hippeastrum, yang berasal dari bagian tropis Amerika Selatan, dari Brasil hingga Andes. Amaryllis sejati anggota genus Amaryllis berasal dari Afrika Selatan dan juga dikenal sebagai bunga lili belladonna (meskipun bukan bunga lili sejati). Yang sedang berkata, baik Hippeastrum dan Amaryllis adalah bagian dari keluarga amarilis, jadi mereka semua adalah amarilis dalam arti tertentu!

Nama “amaryllis” berasal dari kata Yunani amarysso, yang berarti “berkilau”.

Tanam

Tanam Amaryllis

Membeli Umbi Amarilis

Saat berbelanja umbi amarilis, kamu dapat membeli perlengkapan kotak yang berisi umbi, pot, dan sedikit tanah. Ini adalah hadiah yang bagus, meskipun biasanya tidak banyak pilihan warna umumnya menawarkan warna merah, merah muda, dan putih. Bunganya biasanya varietas yang lebih kecil meskipun mekar dengan baik jika kamu mengikuti petunjuk.

Beberapa pusat taman menawarkan umbi telanjang yang lebih besar yang memberi kamu lebih banyak pilihan variasi dan ukuran yang lebih besar, dan masing-masing biasanya menghasilkan 2 paku bunga atau lebih. Setiap paku akan menghasilkan 2 hingga 4 bunga besar berbentuk terompet.

Umbi Amaryllis diklasifikasikan berdasarkan ukuran, yang ditentukan dengan mengukur bagian luar umbi pada titik terlebar. Umumnya, semakin besar bohlam, semakin banyak bunga yang mampu dihasilkan oleh tanaman.

Alasan bagus lainnya untuk memilih bohlam kosong adalah kamu dapat melihat kondisi bohlam tanpa harus mengobrak-abrik kotak. Pastikan itu berat dan kokoh tidak berjamur, licin, atau terluka. Itu juga harus memiliki beberapa akar berdaging yang cukup panjang.

Cara Menanam Umbi Amarilis

  • Jika kamu tidak dapat langsung memasukkan umbi ke dalam pot, simpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap sampai kamu bisa.
  • Umbi Amaryllis mungkin tidak mekar jika berada di pot yang terlalu besar. Seharusnya tidak ada lebih dari 1 inci ruang di setiap sisi bohlam dan 1/3 bohlam harus berada di atas garis tanah. Mereka lebih suka sedikit sempit (terikat pot).
  • Gunakan tanah pot yang dikeringkan dengan baik.
  • Sebelum menanam, rendam akar umbi dalam air hangat selama beberapa jam untuk menghidrasinya kembali.
  • Taruh selapis tanah di dasar pot dan posisikan bohlam sehingga bagian atas menempel di atas tepi pot. Padatkan tanah di sekitar tepinya, biarkan sepertiga bagian atas bohlam terbuka. Jika ditanam terlalu dalam, umbi bisa membusuk.
  • Tempatkan pot di tempat yang terang dan air, tetapi berhati-hatilah terhadap penyiraman yang berlebihan. Biarkan tanah mengering sedikit di antara penyiraman.
  • Harapkan mekar yang indah seperti bunga bakung dalam 6 hingga 8 minggu.

Tip: Untuk tampilan terus menerus, nyalakan beberapa bola lampu dengan interval 2 minggu. Saat yang satu selesai mekar, yang berikutnya akan mencapai puncaknya.

Pertumbuhan

Pertumbuhan Amaryllis

Cara Merawat Umbi Amarilis

  • Pajang amarilis jauh dari angin di ruangan yang terang, tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung.
  • Amaryllis lebih menyukai suhu dalam kisaran 60° hingga 70°F (15,5° hingga 21°C). Jauhkan dari jendela yang membeku dan radiator yang mengering.
  • Hemat air. Hanya air saat bagian atas campuran pot kering, berhati-hatilah agar tidak ada air di leher bohlam.
  • Untuk mendorong pembungaan, gunakan pupuk tanaman hias dengan kandungan fosfor yang tinggi.
  • Saat tangkai bunga muncul, pindahkan amaryllis ke sinar matahari yang lebih cerah. Balikkan pot setiap beberapa hari untuk penerangan yang merata dan untuk mencegah kemiringan.
  • Jika batang mulai miring, masukkan tiang di sebelahnya, berhati-hatilah agar tidak mengganggu umbi. Amaryllis cenderung berat di bagian atas, jadi pertaruhkan secara proaktif.
  • Setelah amaryllis kamu mekar, kamu dapat memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk dari sinar matahari langsung agar bunganya bertahan lebih lama.
  • Setelah bunga memudar, potonglah untuk mencegah pembentukan biji. Potong batang di bagian atas bohlam.
  • Tumbuhkan amaryllis sebagai tanaman dedaunan sepanjang musim semi dan musim panas hingga daunnya menguning. Kemudian simpan umbi pot di sisinya di ruangan atau ruang bawah tanah yang sejuk dan gelap untuk beristirahat selama 8 hingga 10 minggu. Lihat lebih banyak tip “pasca-mekar” di bawah ini.

Cara Merawat Amarilis Setelah Berbunga

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan setelah liburan adalah, “Sekarang amarilis saya sudah selesai berbunga, bagaimana saya bisa membuatnya mekar lagi?” Ya, bola lampu itu bisa menjadi pusat perhatian lagi pada Natal berikutnya jika dirawat dengan baik.

Setelah mekar, umbi perlu tumbuh dan menyimpan makanan untuk mekar musim berikutnya. Seringkali, ukuran umbi benar-benar menyusut karena tekanan pembungaan dan akan membutuhkan waktu untuk memulihkan nutrisi yang hilang.

Setelah bunganya memudar, potong tangkai bunganya, tetapi biarkan daunnya tetap tumbuh dengan menempatkan pot di tempat yang hangat dan cerah. Siram secara teratur dan pupuk setiap minggu dengan pupuk tanaman rumahan yang seimbang. Ini adalah saat tunas tahun depan terbentuk di dalam umbi.

Dibutuhkan minimal empat daun untuk menghasilkan satu tangkai bunga, karena kuncup terbentuk di ketiak setiap sisik umbi keempat. Biarkan tanaman tumbuh sepanjang musim panas, kamu bahkan dapat memindahkannya ke luar selama musim panas. Bawa masuk pada akhir Agustus dan hentikan penyiramannya. Biarkan mengering untuk menginduksi periode dormansi. Taruh panci di tempat yang sejuk (sekitar 50 ° F), tempat gelap. Cabut daun yang sudah kering.

Untuk menginduksi pembungaan pada waktu Natal, bawalah tanaman ke lokasi yang hangat dan cerah dan lanjutkan penyiraman pada awal hingga pertengahan November.

Kami akan merekomendasikan merepotingnya saat ini untuk memberikan umbi tanah yang lebih baik. Atau, jika kamu tidak menginginkannya, kikis saja sekitar 2 inci bagian atas tanah gembur dan gantilah dengan tanah baru. Dalam waktu sekitar 6 hingga 8 minggu, amarilis akan mekar penuh lagi.

Bunga Amaryllis

Varietas Yang Direkomendasikan

  • ‘Liberty’: kelopak merah beludru yang kaya pada batang 20 inci
  • ‘Stardust’: bunga merah besar yang memudar menjadi putih
  • ‘Samba’: bunga merah dan putih dengan kelopak bagian dalam yang mengacak-acak
  • ‘Susan’ (juga disebut ‘Dutch Belle’): mekar merah muda kemerahan dengan tenggorokan hijau

Kecerdasan Dan Kebijaksanaan

  • Orang-orang Victoria mengasosiasikan amarilis dengan kekuatan dan tekad karena tingginya dan kekokohannya.
  • Banyak varietas amarilis liburan termasuk dalam genus Hippeastrum dan berasal dari Amerika Selatan.

Hama/Penyakit

Saat ditanam sebagai tanaman hias, pemeriksaan yang cermat saat membeli umbi dan perawatan yang tepat akan mencegah sebagian besar hama dan penyakit serangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Call
Chat WA